Selasa, 16 April 2013

PENDIDIKAN KESEHATAN


Pendidikan kesehatan adalah setiap kombinasi pengalaman belajar yang direncanakan demi memudahkan penyesuaian suka rela dari prilaku yang kondusif bagi kesehatan (Green at al.,2000). Pendidikan kesehatan adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan. Dilihat dari segi pendidikan, pendidikan kesehatan adalah suatu pedagogik praktis atau praktek pendidikan. Oleh sebab itu, konsep pendidikan kesehatan adalah konsep pendidikan yang di aplikasikan pada bidang kesehatan (Notoatmodjo,2007).
            Efektifitas intervensi pendidikan kesehatan dipengaruhi oleh 3 hal pokok yang saling berkesinambungan yaitu:
a.       Petugas kesehatan yang profesional
b.      Intervensi pendidikan yang dipengaruhi oleh:
1)      keterampilan fasilitator misalnya humor, bersemangat, bersahabat, berfikir positif, serta adanya materi.
2)      Alat peraga yang dipakai sebagai penunjang pendidikan kesehatan dan interaksi peserta latih dapat dinilai dari peran aktif peserta seperti tanya jawab dan diskusi.
c.       Manfaat pada masyarakat dapat dilihat dilihat dari hasil intervensi pendidikan sesuai materi pelajaran yang dipengaruhi oleh:
1)      Adanya kesempatan untuk mempengaruhi individu atau organisasi.
2)      Faktor pengaruh yang bersamaan dengan intervensi seperti latar belakang peserta (sumber informasi, pendidikan orang tua, usi, dan jenis kelamin), objektifitas pengukuran yang sesuai dengan hasil yang dapat dinilai dengan ketersediaan, kepercayaan, dan alat ukur yang berhubungan (Hutchinson,1999).
Pendidikan kesehatan reproduksi remaja secara umum berhubungan dengan perawatan kesehatan remaja, dengan menggunakan intervensi untuk membuktikan fakta data, strateginya ternyata efektif dan cepat menerima secara terus menerus pengembangan pengetahuan, sikap,keterampilan, dan percaya diri yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar