Pendidikan kesehatan
adalah setiap kombinasi pengalaman belajar yang direncanakan demi memudahkan
penyesuaian suka rela dari prilaku yang kondusif bagi kesehatan (Green at al.,2000). Pendidikan kesehatan
adalah suatu penerapan konsep pendidikan di dalam bidang kesehatan. Dilihat
dari segi pendidikan, pendidikan kesehatan adalah suatu pedagogik praktis atau
praktek pendidikan. Oleh sebab itu, konsep pendidikan kesehatan adalah konsep
pendidikan yang di aplikasikan pada bidang kesehatan (Notoatmodjo,2007).
Efektifitas intervensi pendidikan
kesehatan dipengaruhi oleh 3 hal pokok yang saling berkesinambungan yaitu:
a.
Petugas kesehatan yang profesional
b.
Intervensi pendidikan yang dipengaruhi oleh:
1)
keterampilan fasilitator misalnya humor, bersemangat, bersahabat,
berfikir positif, serta adanya materi.
2)
Alat peraga yang dipakai sebagai penunjang pendidikan kesehatan dan
interaksi peserta latih dapat dinilai dari peran aktif peserta seperti tanya
jawab dan diskusi.
c.
Manfaat pada masyarakat dapat dilihat dilihat dari hasil intervensi
pendidikan sesuai materi pelajaran yang dipengaruhi oleh:
1)
Adanya kesempatan untuk mempengaruhi individu atau organisasi.
2)
Faktor pengaruh yang bersamaan dengan intervensi seperti latar belakang
peserta (sumber informasi, pendidikan orang tua, usi, dan jenis kelamin),
objektifitas pengukuran yang sesuai dengan hasil yang dapat dinilai dengan
ketersediaan, kepercayaan, dan alat ukur yang berhubungan (Hutchinson,1999).
Pendidikan kesehatan reproduksi remaja secara umum berhubungan
dengan perawatan kesehatan remaja, dengan menggunakan intervensi untuk
membuktikan fakta data, strateginya ternyata efektif dan cepat menerima secara
terus menerus pengembangan pengetahuan, sikap,keterampilan, dan percaya diri
yang tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar